DPR Sebut Kilang BP Produksi LNG Sepertiga Gas Alam Nasional

INDOPOS.CO.ID – Kilang Britsh Petrolium (BP) Tangguh telah menghasilan LNG (Liquefied Natural Gas atau Gas Alam Cair) sebesar 2.100 MMSCF per hari. Jumlah tersebut merupakan sepertiga dari produksi gas alam nasional Indonesia yang saat ini rata-rata di angka 6 ribu mmcf per hari.

“Sungguh membanggakan kilang gas berskala sangat besar dan dengan kompleksitas yang sangat tinggi ini, dioperasikan oleh 99 persen tenaga kerja Indonesia,” ujar Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto dalam keterangannya, Sabtu (20/4/2024).

Lebih membanggakan lagi, menurut Sugeng, 70 persen tenaga kerja berasal dari putra-putri Papua. Bahkan, di control rooms, ruang-kendali seluruh kegiatan kilang, dijalankan seluruhnya oleh putra-putri Papua.

“Gas memiliki peran sangat strategis hari hari ini dan ke depan dalam transisi menuju energi baru terbarukan,” ungkap Sugeng.

“Gas disamping menjadi energi primer yang bersih, juga menjadi bahan baku dalam industri petro kimia yang beragam produk turunannya, dan sangat kita butuhkan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto melakukan kunjungan ke proyek kilang LNG Tangguh, di Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, Rabu (17/4/2024) lalu. Kilang gas tersebut berproduksi sejak 2009 lalu dan dioperasikan oleh Britsh Petrolium (BP). Namun kini menjadi kilang gas terbesar di Indonesia. (nas)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *