PHE OSES Bangun Rumah Pengering Ikan bersama Masyarakat Pulau Sabira

INDOPOS.CO.ID – Pulau Sabira sebagai pulau yang berada paling utara dari Provinsi DKI Jakarta dikenal sebagai wilayah penghasil ikan segar dan olahan. Salah satu produk olahan yang diandalkan adalah ikan selar asin. Sebelumnya, pengolahan ikan selar asin kerap kali dilakukan secara tradisional dengan mengandalkan penjemuran melalui sinar matahari, sehingga proses pengeringannya berlangsung cukup lama dan hasilnya tidak efisien.

PHE OSES bersama dengan Kelompok Pengolah Pemasar (POKLAHSAR) Selar Asin melihat potensi yang ada di Pulau Sabira. Melalui Program Pemberdayaan Masyarakat bertajuk Pendekar Sabira, PHE OSES memberi bantuan teknologi rumah pengering ikan.

Teknologi ini mengadopsi cara yang digunakan mitra binaan Pertamina lainnya di wilayah Subang. Rumah pengering bekerja dengan cara menyerap panas matahari dan menyalurkannya sehingga panas didalam ruangan cukup stabil dan dapat mencapai angka 55 derajat celcius bahkan di malam hari.

Pada Rabu (10/01/2024) proses pembangunan rumah pengering ikan selesai lebih cepat dari yang direncanakan. Ketua Rukun Warga (RW) Ali yang memantau langsung pembangunan rumah pengering ikan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada PHE OSES.

“Rumah pengering ikan merupakan gebrakan baru bagi POKLAHSAR Selar Asin Sabira. Kami berharap teknologi bantuan dari PHE OSES ini bisa membantu menaikkan nilai jual produk ikan selar asin, dikarenakan kualitas produk kini terjaga dari hulu hingga ke hilir,” kata dia.

Tak hanya memperbarui teknologi pengeringan, PHE OSES melalui Pendekar Sabira juga mengadakan Kelas Pintar untuk memperluas wawasan kelompok dalam pemasaran dan pengembangan produk olahan ikan lainnya seperti kerupuk ikan dan kerupuk cumi.

Head of Communication, Relations & CID PHE OSES Indra Darmawan, bersyukur atas rampungnya pembangunan rumah pengering ikan.

“Dengan optimalisasi proses pengolahan produk melalui pemanfaatan rumah pengering ikan serta peningkatan wawasan pemasaran melalui Kelas Pintar, kami harap kualitas produk olahan ikan di Pulau Sabira akan menjadi lebih baik serta memiliki nilai jual yang lebih tinggi,” terangnya.

PT PHE OSES merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang tergabung dalam Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, bersama dengan PHE ONWJ, dan Pertamina EP Jawa Barat. Area kerja PHE OSES terletak di provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Bangka Belitung. (ibs)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *