Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek: Cetak Lulusan Siap Bekerja dan Berwirausaha

INDOPOS.CO.ID – Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset, Teknologi (Kemendikbudristek) Kiki Yuliati mengungkapkan, gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka memiliki tujuan besar untuk menyampaikan ke masyarakat terkait keberhasilan pendidikan vokasional.

“Gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi para peserta didik, para guru, para dosen yang sudah berkarya di kampus kepada publik,” ujar Dirjen Kiki Yuliati dalam acara daring, Rabu (13/12/2023).

Dia menambahkan, bahwa transformasi pendidikan vokasi saat ini sudah berada di jalan yang benar untuk bisa sejajar dengan pendidikan akademik. Dengan menyiapkan lulusan untuk siap bekerja, berwirausaha, atau melanjutkan studinya.

“Di balik siap kerja itu, pendidikan vokasi juga menyiapkan siswanya untuk menghadapi masa depan. Nah untuk itu memang harus melalui proses pembelajaran yang membuat mereka suka belajar,” ungkapnya.

“Jadi, itu yang yang kita ingin transformasikan. Belajar itu untuk kepentingan siswa dan siswa mencintai apa yang dipelajarinya,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Rizkisyah Putra Singarimbun, alumni jurusan Tata Boga SMKN 8 Medan mengatakan, bahwa gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka merupakan kegiatan yang sangat bagus sekali. “Gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka banyak sekali ilmu-ilmu yang bisa diambil, selain itu juga banyak perspektif dari teman-teman yang memang keren-keren. Hal itu menjadi bukti bahwa kualitas pendidikan dalam negeri khususnya pendidikan vokasi memang berhasil mencetak orang-orang yang memang kompeten,” ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa pendidikan vokasi sangat memberikan manfaat bagi dirinya. “Pendidikan vokasi itu membentuk karakter, pembentukan budi pekerti, pembentukan diri lebih ke fundamental. Jadi bagaimana kita bisa bersikap di industri, bagaimana kita bisa bersikap di dunia kerja yang nyata nanti,” terangnya. (nas)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *