P2G Kritik Keras Program Makan Siang Jika Gunakan Dana BOS

INDOPOS.CO.ID – Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) sangat menyesalkan, statemen TKN Pasangan Prabowo-Gibran bahwa rencana kebijakan Makan Siang Gratis di Sekolah akan diambil dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Kepala Bidang Advokasi Guru P2G Iman Zanatul Haeri menyatakan, bahwa pihaknya tegas menolak jika rencana kebijakan makan siang gratis menggunakan dana BOS.

Ia mengemukakan, alasan penolakannya. Pertama, sebagian besar dana BOS dipakai untuk membayar gaji guru dan tenaga pendidik honorer.

“Ini sama saja dengan memberi makan gratis siswa dengan, cara mengambil jatah makan para gurunya. Sebab ada guru honorer yang hanya mengandalkan dana BOS,” kata Iman dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (2/3/2024).

Meski pada prinsipnya, P2G tentu berharap anak-anak Indonesia terpenuhi kebutuhan gizinya.

“Bicara gizi, kami harap gurunya juga mendapatkan asupan gizi. Itu perlu dipertimbangkan juga,” ucap Iman.

Alasan penolakan Kedua, seharusnya skema makan siang gratis pembiayaannya tidak diambil dari anggaran pendidikan, termasuk BOS dari APBN.

Sebab, dengan anggaran APBN yang sekarang saja, belum mampu mensejahterakan guru, memperbaiki fasilitas sekolah dan memajukan kualitas pendidikan kita.

Sekolah jenjang SD data BPS menunjukkan 60,60 persen ruang kelas dalam kondisi rusak pada tahun ajaran 2021/2022. Ini yang semestinya menjadi fokus perhatian pemerintah.

“Apalagi kalau harus menanggung beban makan siang gratis. Kita perlu mendiskusikan ini secara serius ketika presiden terpilih nanti sudah ditetapkan KPU,” kritiknya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengatakan, pihaknya telah mengusulkan pola pembiayaan program makan siang gratis bakal bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah.

“Kami mengusulkan, pola pendanaannya melalui Bantuan Operasional Sekolah spesifik atau BOS Spesifik atau BOS Afirmasi untuk khusus menyediakan makan siang untuk siswa,” kata Airlangga saat melakukan simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Kamis (29/2/2024). (dan)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *