Menteri PUPR dan Menkes RI Resmikan Rusun Asrama Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

INDOPOS.CO.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meresmikan Rumah Susun Asrama Mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang berada di Sleman, Yogyakarta, Rabu (31/01/2024).

Menteri Basuki mengatakan, Kementerian PUPR mendukung penuh upaya Kementerian Kesehatan untuk peningkatan pelayanan kesehatan melalui pembangunan Puskesmas dan Rumah Sakit di kota-kota besar seperti Surabaya, Kupang, dan Makassar. Menurutnya, dengan program pembangunan sarana dan prasarana kesehatan yang semakin banyak, maka kebutuhan tenaga kesehatan juga meningkat.

“Dengan fasilitas kesehatan yang semakin banyak dan dekat kepada masyarakat, serta alat-alat kesehatan yang sudah modern, maka tenaga kesehatan perlu ditraining dengan baik. Oleh karenanya, dibutuhkan Poltekkes yang lebih banyak dan aktif dalam merekrut mahasiswa,” kata Menteri Basuki.

Pembangunan Rumah Susun Asrama Mahasiswa Poltekkes Kementerian Kesehatan Yogyakarta dilaksanakan secara Multiyears Contract (MYC) oleh Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa III, Direktorat Jenderal Perumahan pada 2022-2023.

“Kementerian PUPR terus mendukung Kementerian Kesehatan melalui penyediaan asrama seperti Poltekkes ini. Untuk selanjutnya kami juga berencana membangun di Medan dan beberapa kota lainnya,” jelas Menteri Basuki.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap, dengan semakin meningkatnya fasilitas dan sarana prasarana bagi Poltekkes, akan semakin banyak putra-putri dari seluruh Indonesia yang berkesempatan belajar di Poltekkes. Sehingga, setelah kembali dapat memberikan pelayanan kesehatan di daerahnya masing-masing.

“Kemudian, Kementerian Kesehatan juga ingin mendidik orang-orang luar negeri disini yang sekaligus merupakan pengakuan bahwa kualitas pendidikan kita bagus. Dan kita juga ingin mendidik tenaga kesehatan kita supaya bisa kerja di luar negeri. Karena pendapatannya lebih besar dan kebutuhannya lebih banyak,” kata Menteri Budi Gunadi.

Kepala BP2P Jawa III Syamsiar Nurhayadi menambahkan, Rumah Susun Asrama Mahasiswa Poltekkes Kementerian Kesehatan Yogyakarta ini terdiri dari 4 lantai, dan memiliki kapasitas hunian sebanyak 340 orang.

“Rumah susun ini memiliki 86 unit hunian tipe 24 yang dilengkapi dengan 86 set meubelair. Termasuk Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) berupa perkerasan/paving blok, lampu taman, dan drainase,” kata Syamsiar.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Arianti Anaya, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Rumah Susun Aswin Grandiarto, Kepala BBWS Serayu Opak Gatut Bayuadji, dan Kepala BBPJN Jawa Tengah – DIY Rien Marlia. (srv)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *