Luncurkan TOT Pengajar Alquran Isyarat, Baznas Beri Perhatian pada Teman Tuli

INDOPOS.CO.ID – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan program Training of Trainer (ToT) bagi pengajar Alquran bahasa isyarat.

Peluncuran program ini diresmikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin sekaligus pembukaan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Baznas 2023, di Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Dalam pembukaan Rakornas Baznas 2023 tersebut juga ditampilkan kelompok paduan suara Teman Tuli yang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan bahasa isyarat.

Ketua Baznas RI Noor Achmad menyampaikan bahwa kelompok disabilitas perlu mendapatkan perhatian khusus. Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut mereka diberi kesempatan untuk tampil.

“Kami meluncurkan program ToT bagi para pengajar yang akan mengajari bahasa isyarat membaca Alquran. Tujuannya agar disabilitas tuli, yang jumlahnya lebih dari 2,5 juta orang ini, bisa membaca Alquran dengan bahasa isyarat,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Tuli Muslim Indonesia (ATMI) Rama Syahti mengatakan, ia dan teman-teman tuli diundang tampil dalam acara ini dengan harapan bisa menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya bahasa isyarat.

“Kami ingin Baznas, pemerintah, dan juga masyarakat menyadari teman-teman tuli membutuhkan akses pada bahasa isyarat,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga sangat mendukung program ToT pengajar Alquran bahasa isyarat yang diluncurkan Baznas dalam kesempatan Rakornas Baznas 2023.

Mushaf Alquran bahasa isyarat diproduksi oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Balitbang Diklat Kemenag.

Mushaf ini bertujuan memberikan afirmasi layanan keagamaan kepada teman-teman tuli. Mushaf ini ada pertama kali di Indonesia bahkan dunia. Sebelumnya, LPMQ Kementerian Agama juga telah mengeluarkan Mushaf Alquran Braile yang diperuntukkan bagi kelompok difabel netra.(srv)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *