Luka Puan – www.indopos.co.id

Oleh: Dahlan Iskan

INDOPOS.CO.ID – Puan Maharani menyalami Prabowo Subianto di sela acara peringatan Hari Santri.–

WAKTU akan menyembuhkan luka. Saya percaya.

Saya sendiri terluka. Minggu lalu. Kaki terkena tajamnya bambu. Pedih sekali. Luka itu pun saya bawa pergi. Jauh. Benar, di Tiongkok luka itu sembuh.

Tapi itu bukan luka politik. Sembuhnya cepat. Apalagi pakai obat. Bahkan luka di bibir saya pun ikut sembuh: kena gigit.

Belakangan saya memang suka makan tebu. Tanaman sendiri. Di dekat rumah bambu yang baru. Tebu jadi obat rindu masa lalu.

PDI-Perjuangan sedang memproduksi obat luka itu: seluruh kader dilarang bicara apa pun soal Gibran Rakabuming Raka. Bahwa Gibran kader PDI-Perjuangan itu sudah masa lalu. Bahwa ia baru bisa jadi wali kota Solo berkat jasa partai lupakan saja.

Kini Gibran sudah dewasa. Sudah menjadi kader partai lain. Jadi cawapresnya Capres Prabowo Subiyanto. Biarkan. Seperti juga adiknya, Kaesang Pangarep, yang sudah menjadi ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Biarkan.

Rasanya sikap baru PDI-Perjuangan itu dewasa sekali. Bisa jadi obat sakit hati yang mujarab. Sambil menanti waktu yang akan lewat.

PDI-Perjuangan pilih kembali fokus pada diri sendiri: memenangkan pasangan kaipang Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Terutama memenangkan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Membicarakan terus luka itu hanya akan memperdalam luka. Jateng harus dimenangkan. Pun Jatim. Sadar, menang di Jabar sulit.

Maka Jateng akan jadi palagan barsatayuda politik: antara Gibran dan Ganjar. Sama-sama muda. Dari satu kandang.

Jatim juga jadi palagan: antara Muhaimin dan Mahfud MD. Hanya Mahfud pernah di HMI dan dekat dengan Muhammadiyah. Maka ada tokoh NU yang mengingatkan Mahfud agar kalau mengucapkan salam pakai salam khas NU.

Tapi PDI Perjuangan punya plus-plus: wilayah Jatim sisi barat adalah milik merah.

Wilayah barat ini juga jadi tanggung jawab Pak SBY: kalau ingin memberi sumbangan nyata bagi koalisi Prabowo.

SBY orang Pacitan. Punya basis di sini. Putranya, Mas Ibas, selalu kelebihan suara di dapil sini.

Kalau Prabowo-Gibran bisa menang di wilayah ini, AHY layak dapat jatah menteri. Dan kalau Prabowo menang di Jateng Gibran layak dapat kursi wapres yang bukan sekadar wapres.

Jabar? Anda sudah tahu: Jabar adalah palagan antara Anis dan Prabowo. Pun Banten.

Berarti seluruh Jawa adalah palagan. Ini sekaligus berarti kali ini suara luar Jawa menjadi penting. Tumben.

Inilah Pilpres yang gempanya akan mencapai 15 skala richter.

Berita baiknya: peristiwa besar akan melahirkan tokoh besar.

Mungkin Gibran.

Mungkin Puan Maharani.

Mungkin Anies Baswedan.

Mungkin tiga-tiganya sekaligus.

Mungkin justru di luar tiga itu.

Baru dari peristiwa ini saya melihat Mbak Puan terasa matang, bijak, beraura, dan trampil dalam mengolah kata-kata. Satu loncatan jauh dari, misalnya, ketika membuat video viral saat Pak Jokowi menghadap Bu Megawati.

Dari peristiwa ini Mbak Puan seperti lahir sebagai tokoh berwajah baru. Masih harus terus dilihat sampai gempa mereda.

Semua sedang menanti tokoh besar berhati besar dari peristiwa besar. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 22 Oktober 2023: BACA JUGA:Riuh Sepi

Agus Suryono

@pak Mirza Ruar biasa. Kamsia..

Mirza Mirwan

Kalau dari Kahlil Gibran, kutipan Pak Agus itu dari buku “The Garden of The Prophet” yang hanya tipis saja, 56 halaman. Buku itu saya lihat di toko buku ada versi terjemahan: “Taman Sang Nabi”. Tapi apakah terjemahannya seperti dikutip Pak Agus, saya tidak tahu. Hanya saja, menurut saya terjemahan di atas kurang tepat. Berikut saya kutip kuplet aslinya: “Pity the nation whose stateman is a fox, whose the philosopher is a juggler, and whose art is the art of patching and mimicking.” Dalam kutipan Pak Agus, “fox” diartikan “serigala” (wolf), yang mestinya “rubah” — rubah berbeda dengan serigala. Lalu “juggler” diartikan “karung nasi”, padahal maksudnya “tukang sulap”. Terakhir “art” diartikan “seniman” (artist), padahal harusnya hanya “seni”. Kalau terjemahan versi saya begini: # Kasihan bangsa yang negarawannya rubah, yang filsufnya tukang sulap, dan yang seninya adalah seni menambal dan meniru.”

Agus Suryono

BUKAN KARYA GIBRAN RAKABUMING.. Kasihan bangsa yang negarawannya serigala/. Falsafahnya karung nasi/. Dan senimannya tukang tambal dan tukang tiru/. ### Karya: Kahlil Gibran. Judul: Bangsa Kasihan.

Agus Suryono

“DI Tiongkok, kemarin, tidak ada gempa. Justru di Jakarta, yang saya dengar, gempanya sampai 15 skala Richter”, begitu tulis Abah DIS di CHD hari ini. Rupanya, atau anggap aja begitu, Abah ke Tiongkok, mampir Hongkong, karena sudah dengar, kalau akan ada gempa. ### Padahal sebenarnya gempa hanya “dirasakan” di Cikeas, padahal “pusat gempa” ada di Kertanegara. Sekarang, “BMKG Politik” tidak mampu memprediksi akan terjadi atau tidak terjadinya “gempa bumi politik”..

Pedro Patran

Hadeuh… capek² nulis, tekan tombil “send”, eh.. tulisan ilang dan gak muncul dikolom komentar. Saya ulang “point”nya saja, yaaa.. – saya memang lagi kangen tulisan Abah tentang Tiongkok. – Om Robert hanya disenggil seuprit. – Abah kalau nulis tentang Tiongkok, memang asyik dibacanya. Ini akan saya tekan tombol “send”, kalau sampai ilang lagi, yaaa namanya nasib, hehehe…

Agus Suryono

DI INDONESIA modern, pusat para pendekar itu ada di daerah Mataraman. Yang terbanyak dan memiliki banyak jurus saktu ada di Madiun. Antara lain di sana ada PSHT. Salah satu yang juga tenar adalah Tapak Suci, yang ada di Yogyakarta, yang masih nyambung dengan Mataraman. Nenek moyang para pendekar di daerah inilah yang di masa lalu menjadikan kerajaan-kerajaan Mataram menjadi “kuat” dan “berperan”.. Namun setelah ibukota kerajaan pindah di Batavia, saat ini yang berperan memanaskan dunia “persilatan” adalah justru para “pendekar politik”. Kebanyakan mereka juga hasil didikan dari “padepokan” di daerah Mataraman, tetapi jurusan “politik”: PADEPOKAN UGM. ### Konon lokasi padepokan ini berada di Bulaksumur.

Agus Suryono

NEGARA yang dianggap pernah menjajah Indonesia, antara lain adalah: 1). Belanda, selama sekitar 350 tahun, dari 1592 – 1942. 2). Inggris, selama 5 tahun, yaitu pada 1811-1815. 3). Jepang, selama 3 tahun, yaitu 1942-1945. Tetapi bagi orang Hongkong, Indonesia juga dianggap menjajah Hongkong, sejak tahun 1975, sampai sekarang, meski daerah yang diduduki hanya seputarajln Taman Victoria. ### “Invasi” dilakukan “tanpo ngasorake”, “tanpo tentara”. Invasi dilakukan oleh “Korps ART”. (Tapi bukan Artileri lho ya).

Lagarenze 1301

Benarkah Indonesia dijajah Belanda 350 tahun? Pernah ada diskusi mengenai hal ini. Kesimpulannya, angka 350 tahun dibuat oleh politikus di masa kemerdekaan untuk membangkitkan semangat juang. Sama seperti korban 40.000 jiwa di Sulawesi Selatan akibat pembantaian Westerling. Diperkirakan hanya berkisar 3.000 sampai 4.000 orang. Westerling mengakui 600 orang. Kembali ke masa penjajahan Belanda. Para ahli sejarah kita menyebut hitungan yang realistis ada dua: sekitar 44 tahun atau sekitar 142 tahun. Yang pertama dihitung setelah Aceh akhirnya dikuasai pemerintah Belanda pada 1901. Yang kedua dihitung sejak runtuhnya perdagangan VOC pada 1800-an. Dari mana angka 350 tahun? Diambil dari titik tahun kemerdekaan RI 1945 mundur ke tahun kedatangan Cornelis de Houtman di Banten pada 1596, dapatnya 349 yang dibulatkan jadi 350 tahun. (Kebetulan kemarin bantu anak yang SMP belajar IPS dan PPKN, materi pelajaran sudah tidak memastikan Indonesia dijajah Belanda 350 tahun). 🙂 🙂 🙂

Atho’illah

Istrinya hot itu maksudnya demam kan, Bli? Coba dikompres air dingin atau minum Paracetamol. Wkwkwk

thamrindahlan

Selamat pagi. Riuh Sepi. Hongkong selalu riuh terutama di Taman Victoria. Sepi bagi Abah nan selalu mandiri jalan sendiri tanpa membawa teman. Nyaman begitu ya seperti pernah menjadi sesuatu. Biasanya melekat-tempel sopir, pengawal, sekretaris, ajudan dan pembisik dalam kapasitas staf ahli. Sahabat saya Kandidat Doktor Ustazd Bahrun Mubarok sedang mempersiapkan Disertasi di UIN Syarif Hidayatullah terkait perlaku kehidupan TKW Hongkong. Beliau guru bahasa Inggris memiliki komunitas di Hongkong sehingga tertarik meneliti base on data yang ditekuni bertahun tahun. Saya pernah menyaksikan suasana meriah taman viktoria di hari libur. Untunglah majikan berbaik hati memberikan hari libur sehingga silaturahim dalam bentuk guyub rindu keluarga bisa terlepas disini. Jumlah saudara kita penjuang devisa terbanyak dibanding negara lain. Potensi ini tampaknya merembet di politik karena suara pemilik saham di desa masing masing bisa mempengaruhi sanak keluarga memilih salah tiga capres 2024-2029. Syukurlah Abah kita kita telah memastikan 15 – 16 Desember 2023 agenda khusus bertatap muka dengan perusuh. Awak sengaja mengulang ulang peristiwa yang pasti mengalahkan heboh Gibran. Alasan logis karena kopdar perusuh merupakan peningkatan status sahabat dunia maya Abah menjadi sahabat dunia nyata.

Leong Putu

Pengen tau model short pant dan rok mininya saja. Mau belikan istri yang serupa itu. Hhh

Atho’illah

Saya ketik “Warna Merah” di kolom pencarian Disway yang muncul kebaya merah, Om. https://disway.id/read/666233/mitos-atau-fakta-warna-merah-identik-dengan-gairah-cinta-dan-seksual

Amat K.

Foto atas atasan merah-putih. Foto bawah atasan tinggal merah. Hilang putihnya. Apa artinya itu? Hmmmmmm

Handoko Luwanto

Singgasana Perusuh Disway periode: 15-10-2023 s/d 21-10-2023 (139 orang)

Komentar Terbanyak #.Nama__(Komen)(Kata)

#1.MULIYANTO KRISTA__(146)(1163)<1⏰2✒️>

#2.Leong Putu__(137)(1637)<3★2✒️>

#3.Juve Zhang__(110)(7953)<2★2✒️>

#4.Komentator Spesialis__(102)(3670)<9★1✒️2⭐️>

#5.Liam Then__(95)(5044)<3★>

#6.Wilwa__(92)(4217)<1★>

#7.Amat K.__(72)(1256)<5★>

#8.Er Gham__(61)(1659)<4★>

#9.Jo Neca__(60)(1084)<2★>

#10.mzarifin umarzain__(58)(772)<4★>

#11.Udin Salemo__(57)(1758)<2★>

#12.Lagarenze 1301__(51)(2190)<6★1⭐️>

#13.Agus Suryono__(49)(2267)<4★1⏰>

#14.Jokosp Sp__(46)(2314)<6★1⭐️>

#15.Liáng – βιολί ζήτα__(45)(3815)<12★3⭐️>

#16.yea aina__(45)(1302)<1★>

#17.imau compo__(41)(1624)<1★>

#18.Atho^illah__(37)(740)<2★>

#19.Mbah Mars__(36)(830)<4★>

#20.Jimmy Marta__(33)(1152)<4★>

#21.Gregorius Indiarto__(32)(1011)<2★>

#22.Handoko Luwanto__(32)(2147)<15★3⭐️>

#23.Johannes Kitono__(32)(4860)

#24.thamrindahlan__(31)(2699)<2★>

#25.Pryadi Satriana__(30)(1641)<1★>

#26.Echa Yeni__(29)(552)<1★>

#27.Hari Purwanto__(29)(660)<3★>

#28.Mirza Mirwan__(28)(3076)<6★>

#29.Tuan Sumartan__(27)(204)<1★>

#30.Kang Sabarikhlas__(24)(716)<2★>

#31.Ahmad Zuhri__(23)(373)<2⏰>

#32.Otong Sutisna__(23)(313)

#33.alasroban__(22)(394)<1★>

#34.Xiaomi A1__(20)(781)<1★>

#35.Mukidi Teguh__(19)(593)<1★>

Handoko Luwanto

Singgasana Perusuh Disway periode: 15-10-2023 s/d 21-10-2023 (139 orang)

Komentar Terbanyak #.Nama__(Komen)(Kata)

#36.Riyono ,SKP__(19)(370)

#37.Yellow Bean__(18)(521)<1★>

#38.Mahmud Al Mustasyar__(17)(637)<2★>

#39.bitrik sulaiman__(16)(135)<1⏰>

#40.AnalisAsalAsalan__(14)(670)<2★>

#41.Gianto Kwee__(14)(359)<1★>

#42.Guslurah__(14)(28)<1⏰>

#43.M.Zainal Arifin__(14)(103)<1★>

#44.doni wj__(13)(1327)<2★>

#45.didik sudjarwo__(12)(299)

#46.Fiona Handoko__(11)(762)<2★>

#47.Beny Arifin__(9)(337)<3★>

#48.KawaiChoco _003__(7)(30)<1★>

#49.Rihlatul Ulfa__(7)(611)

#50.Em Ha__(6)(301)

#51.rid kc__(6)(475)<1★>

#52.ACEP YULIUS HAMDANI__(5)(569)<1★>

#53.Alex Ping__(5)(407)

#54.ari widodo__(5)(409)

#55.JIM vsp__(5)(343)<1★>

#56.Ketut Bagiarta__(5)(86)

#57.KEY__(5)(236)

#58.nur cahyono__(5)(15)<1⏰>

#59.Tao Lie__(5)(151)

#60.1 hari__(4)(23)

#61.Alon Masz Eh__(4)(135)<2★>

#62.Property Property__(4)(292)<1★>

#63.Citra Cilia__(3)(85)

#64.DeniK__(3)(54)

#65.Eksan Susanto__(3)(62)<1★>

#66.Fajar Kusumo__(3)(53)

#67.heru santoso__(3)(250)

#68.hoki wjy__(3)(233)

#69.HONDA CBR150R__(3)(89)

#70.Macca Madinah__(3)(152)

Handoko Luwanto

Singgasana Perusuh Disway periode: 15-10-2023 s/d 21-10-2023 (139 orang)

Komentar Terbanyak #.Nama__(Komen)(Kata)

#71.Muh Nursalim__(3)(270)<1★>

#72.Pedro Patran__(3)(120)

#73.Purnomo__(3)(384)

#74.Republik Print__(3)(74)

#75.siswondo sadig__(3)(219)<1★>

#76.Zaenul Muhammad__(3)(307)<1★>

#77.15 jam__(2)(5)

#78.ahmad faqih__(2)(81)

#79.Ali Maftuh__(2)(58)

#80.Alvito Wildani__(2)(212)<1★>

#81.Azza Lutfi__(2)(17)

#82.Fa Za__(2)(99)<1★>

#83.Fathir Ahsan__(2)(6)

#84.Fra Wijaya__(2)(22)

#85.idamha idam__(2)(124)

#86.Mpok Dipa__(2)(140)

#87.Mulia Rezq__(2)(152)<1★>

#88.Pangeran Jawa__(2)(49)<1★>

#89.pendatang baru__(2)(217)<1★>

#90.Rachmad Saleh__(2)(39)

#91.Re Hanno__(2)(138)

#92.Siswanto AJI__(2)(353)<1★>

#93.Someone Random__(2)(40)

#94.Tommy Prasetyo__(2)(66)<1★>

#95.# Darko__(1)(43)

#96.adi Nugraha__(1)(17)

#97.Antonio Samaran__(1)(96)

#98.Aron Sihombing__(1)(11)

#99.Asep Sumpena__(1)(84)

#100.Ashan Bangka__(1)(8)

#101.Azwar Anas__(1)(68)

#102.Bangun Bisaptohadi__(1)(10)

#103.Barokah Selamanya__(1)(27) #104.dabudiarto71__(1)(9)

#105.Edyanto__(1)(7)

Handoko Luwanto

Singgasana Perusuh Disway periode: 15-10-2023 s/d 21-10-2023 (139 orang)

Komentar Terbanyak #.Nama__(Komen)(Kata)

#106.Fantra Salahuddin__(1)(31)

#107.Fauzan Samsuri__(1)(25)

#108.Fokus Photocopy__(1)(81)

#109.HANVINCY ADNOV__(1)(148)

#110.Harun Sohar__(1)(61)

#111.Heiruddin Arafah__(1)(17)

#112.Herdi Agusthio__(1)(4)

#113.hilman g__(1)(83)

#114.idamalika indi__(1)(53)

#115.IdaMoerid Darmanto__(1)(97)

#116.ikhwan guru sejarah__(1)(66)

#117.Iqbal Safirul Barqi__(1)(35)

#118.iva fitriana__(1)(5)

#119.Jarvis A.__(1)(36)

#120.Kartosuwiryo__(1)(72)<1★>

#121.Koko Koswara__(1)(20)

#122.Lensa Glori__(1)(13)

#123.Lukman Nugroho__(1)(114)

#124.M . S. Ismail__(1)(54)

#125.m note__(1)(114)<1★>

#126.mamat__(1)(9)

#127.Mew Mixue__(1)(25)

#128.mister har__(1)(33)

#129.Musbi Ayu__(1)(13)

#130.Parganago Lumbanahor__(1)(22)

#131.Purnawan HW__(1)(10)

#132.Rafia Akhya Fajrie__(1)(33)

#133.Roland Nug__(1)(14)

#134.saeful uyun__(1)(142)

#135.Ulik Kopi__(1)(25)<1★>

#136.widia saputra__(1)(22)

#137.Yugi Porkdelicious__(1)(9)

#138.Yuli Triyono__(1)(47)

#139.yulian yulian__(1)(49)

mamat

Saya suka cerita perjalanan seperti ini, mungkin karna secara tidak langsung mengajari banyak hal, tanpa merasa digurui.. Mungkin selain saya, banyak juga yang suka tulisan seperti ini, buktinya novel Paulo Coelho – the alchemist juga laris manis, walau kritikus banyak yang bilang ceritanya cetek, sederhana, gampang ditebak, dll..

Jokosp Sp

Abah kesepian karena lewatnya Surabaya – Hongkong – Tianjin. Coba kalau lewat jalur Surabaya – Singapura – Tianjin pasti rame. Ada temen-temen team Durian Traveler Indonesia lagi di Singapura. Lagi incip-incip durian premium. Sayang disayang durian premiumnya tetap Musang King Malaysia dan Kan Yao dari Thailand. Cari Bawor dari Banyumas Jawa Tengah tidak ada, cari Montong dari Parigi Sulawesi tidak ada, cari Super Tembaga dari Bangka tidak ada, cari Bantal Mas dan Rencong Mas dari Aceh tidak ada. Ngenes rasanya, hasil pertanian kita masih jauh dari mereka. Apa ini karena pola pikir mereka yang buat kebijakan yang sukanya cuma impor, impor dan impor itu. Kapan kita bisa ekspor?. Kapan – kapan katanya…….duhhhhhhhh.

Leong Putu

Setelah saya zoom dan memperhatikan ppnya dengan Hp sedikit miring, woww saya berdecak kagum pada foto ceweknya (jika memang itu pacarnya) yang dia tujnukkan di CHD hari ini. Sempurna. Perfeckto. Bibir hidung dan alis berada di titik yang sangat baik. Jika mengacu pada kriteria Bibit, Bebed dan Bobot, si gadis sangat masuk kreteria tersebut. Cantik, setidaknya si cowok bisa memperbaiki keturunan. Melihat garis hidung dan alis, cewek ini punya potensi unggul jika kelak menjadi seorang istri. Saya secara jujur dari hati yang terdalam mengucakpan : SELAMAT, kepada Mas Aat. Selamat bergabung menjadi calon anggota ISTI. **potensi unggul maksudnya : punya potensi lebih unggul atas suami. Sehingga menjadikan suami DKI lalu menjadi anggota ISTI.

Mirza Mirwan

Ini reply untuk Bung Macca Madinah di bawah. Kutipan yang Anda maksudkan itu jga dari “The Garden of The Prophet”-nya Kahlil Gibran. Kuplet aslinya begini: “Pity the nation that wears a cloth it does not weave, eat a bread it does not harvest, and driks a wine that flows not from its own wine-press.” Terjemahannya, versi saya: “Kasihan bangsa yang mengenakan pakaian (dari kain) yang tidak ditenunnya sendiri, (yang) makan roti (dari gandum) yang tidak dipanennya sendiri, dan minum anggur yang tidak mengalir dari pemerasan-anggurnya sendiri.” Versi “Taman Sang Nabi” — saya lupa siapa penerjemahnya — mungkin tidak seperti saya.

Xiaomi A1

Huo Guo? Wah nama depannya persis dgn tokoh idola baru keluarga kami..Huo Yuan Jia, sama2 dari Tianjin pula.. Buat kami yg jarang nonton TV, tiba2 mengikuti serial Heroes setiap hari itu terasa aneh, saya dan istri saling menertawakan..saya pun mencoba menggogling rating tv, ternyata Heroes selalu berada di 10 acara dgn rating tertinggi nasional sejak ditayangkan..

Mahmud Al Mustasyar

Kalau pemerintah sa’at ini telah gagal mewujudkan food estate; tidak demikian dengan yg terjadi di Arab Saudi. Negara yang dikelilingi padang pasir itu justru berhasil mengembangkan lahan pertanian dan masuk dalam Guinness Worid Records melaui penciptaan lahan pertanian terbesar di dunia. Mudah² an saja, sekembalinya Jokowi dari Saudi Arabia, dapat meniru sukses yg telah dicapai oleh negara gurun tsb..

Johannes Kitono

Suatu hari ketika landing di Juanda, Surabaya. Mendengar suara wanita bercengkrama di bandara. Dengan bahasa Mandarin yang fasih logatnya. Kedua wanita berkerudung itu sangat happy. Mereka baru tiba dari Taipeh,cuti kerja jadi TK. ” Nie te lau pan ih ching ke nie Hung Pao mah ” , goda cewek asal Sidoardjo dalam pu tung hua. ” Pu pie Hung Pao,sien cai wa sie Lao pan niang “, jawab temannya sambil tertawa. Memang setelah tiga tahun kerja merawat orang tua bosssnya. Dia nikah sama bosssnya yang sudah duda tanpa anak. Otomatis naik pangkat dari ART menjadi nyonya rumah alias lao pan niang. Happy ending seperti Cindelera ala Sidoarjo.Umumnya pengalaman TKI di Hongkong , Taiwan dan Singapura. Jarang ada cerita yang ditipu atau di lecehkan majikannya.Selain pengawasan yang ketat dari pemerintah.Budaya Confucius juga memengaruhi pola hidup masyarakatnya.Menurut Presiden Gusdur, umumnya masyarakat elit Timur Tengah. Masih anggap TKW sebagai budaknya. Dengan pendidikan tentu perbedaan kultur ini bisa diperbaiki.Semoga Disway kolaborasi dengan Depnaker. Bisa sponsori Kajian ilmiah tentang Kesejahteraan TKW Timur Tengah dibandingkan TKW Asia Timur.

Fiona Handoko

selamat siang bp thamrin, bung mirza, bp jo, bp gregorius, bp sumartan dan teman2 rusuhwan. sedikit info utk abah. maskapai flyscoot untuk segmen surabaya – singapore memang all economy. tapi untuk segmen sigapore – tianjin. ada kelas bisnisnya. dinamakan scootplus. tarif kira2 2 x lipat yg scoot economy. namun sudah termasuk bonus makanan berat dan bagasi 30 kg. cukup murah, dibandingkan dengan tiket business class maskapai full service, yg harga tiketnya bisa 3 sd 4x lipat economy. namun menurut review traveller. kursinya scootplus kalau di maskapai full service. setara kursi premium economy. belum selebar dan senyaman business class maskapai full service.

Liam Then

Saya kebetulan kerja bidang garment waktu di Jakarta. Memang celana jean robek itu lebih mahal Bang Joko, karena ada harus lalui proses produksi ekstra untuk robek dan jahit tambelan kaypangnya. Dunia sudah edan, orang kaya pakai baju robek dibilang keren. Orang miskin pakai baju robek, penuh tambelan dibilang melarat ,anggota partai Kay Pang

Jokosp Sp

Impor kebiasaan. Ada yang sempat diperhatikan: pakai short pant, pakai rok mini, pakai celana jeans. Perlu berapa detik untuk mengetahui pakaian mereka?. Sedetik, dua detik, tiga detik, sepuluh detik?. Celana jeans pendek, yang robek-robek, driwul-driwul dulu dianggap celana usang, harus ganti baru. Sekarang malah jadi mode. Dari baru memang sudah robek-robek, bolong dan driwul-driwul. “Tun, Atun…..dulu kamu berangkat ke Hongkong pakai rok panjang kesukaanmu, atau celana panjang”. “Loh sekarang pulang kok malah celanamu mok potong, bolong-bolong, driwul-driwul lagi, maksudmu ki piye?”. Mak ini gag tau model, sekarang ya gini mak sehari-hari di sono. “Duh nduk, ini hasil impormu yang kamu bawa ke sini kata mbah kakung sambil ngudud klembak”. Ah simbah ini juga, gag update, gag tau model. “Duh piye ini putu saktekane dadi TKI malah ngene?”

imau compo

Baru dengar, dan membanggakan pula ide Bank Mandiri punya program pelatihan pekerja migran jadi pengusaha. Awalnya bisnis kebutuhan sesama pekerja migran seperti mukena, daster dan restoran nasi bungkus. Bisnis yg cukup gemuk, mengingat jumlah pekerja migran yg ratusan ribu dalam ruang kota Hongkong yg terpusat dalam satu wilayah yg terbatas. Sebagai perbandingan, jumlah pekerja migran Korea yg tidak terlalu besar didukung oleh restoran Korea, barber shop sampai bisnis “pijat” Korea. Saya pernah nemani tamu Korea saya gunting rambut di Barber Shop Korea di Tangerang. Mudah-mudahan pekerja migran ini bisa jadi hub ekspor kita di Hongkong serta negara terdekat, Taiwan, Cina, Jepang dan Korea. Restoran Vietnam, konon, mendunia juga akibat pengungsi Vietnam yg menyebar ke seluruh dunia. Sekarang dengan mudah ditemukan restoran Vietnam di Batam, Jakarta, Hongkong, dan kota-kota besar di Amerika. Asian Food di Amerika banyak didatangkan dari Vietnam.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *