Lima Jenazah Pendaki Korban Erupsi Marapi Telah Diserahkan ke Keluarga

INDOPOS.CO.ID – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Wasito mengatakan, jenazah pendaki pasca-erupsi Gunung Marapi telah dikembalikan kepada keluarganya. Ada lima orang berhasil dievakuasi dan diidentifikasi.

“Yang sudah berhasil teridentifikasi 5 orang. Semuanya sudah diserahkan kepada keluarga,” kata Bambang dalam keterangannya, Selasa (5/12/2023).

Upaya pencarian terhadap sejumlah pendaki yang masih dinyatakan hilang pasca-erupsi Gunung Marapi, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (3/12/2023) masih terus dilakukan.

“Untuk 18 pendaki yang belum turun, ini tetap kita upayakan terus untuk pencarian, sambil kita juga terus melihat kondisi di lapangan,” jelas Bambang.

Kondisi pascahujan abu vulkanik dari erupsi Gunung Marapi di wilayah Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Minggu (3/12/2023). (Pusdalops BPBD Kabupaten Agam)

Personel yang bergabung dalam tim gabungan berjumlah kurang lebih 300 orang terdiri dari unsur BPBD Provinsi Sumatera Barat, BPBD Kabupaten Agam, BPBD Kabupaten Tanah Datar.

Selain itu, BPBD Kabupaten Padang Pariaman, BPBD Kota Padang Panjang, BPBD Kota Bukittinggi, BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota, BPBD Kota Sawahlunto, Basarnas, TNI/Polri.

Termasuk PMI, Tagana, relawan masyarakat, dan mahasiswa penggiat alam atau mapala di Sumatra Barat. Selain operasi pencarian dan pertolongan, mereka turut melakukan pendampingan warga, dan pemantauan aktivitas Gunung Api Marapi.

Adapun korban meninggal yang sudah diidentifikasi DVI, Nazatra Adzin mufadhal, Muhammad Adan, Muhammad Teguh Amanda, Nurva Afitri, Muhammad Alfikri.

Sebanyak 28 dari total 75 orang pendaki sudah dievakuasi oleh tim gabungan, rinciannya 54 pendaki mengakses pintu masuk Batu Palano di Kabupaten Agam, sedangkan 21 orang di pintu nasuk Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar. (dan)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *