Keanehan Suara Prabowo-Gibran di TPS 106 Cengkareng, KPU Bilang Begini

INDOPOS.CO.ID – Penghitungan suara pemilihan presiden (Pilpres) 2024 melalui aplikasi Sistem Rekapitulasi Informasi (Sirekap) diwarnai keanehan dan salah input data. Seperti halnya terjadi di TPS 106, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat baru-baru ini.

Dalam aplikasi Sirekap dimunculkan lewat unggahan di media sosial, menunjukkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka memperoleh suara paling tinggi yakni 713.

Sementara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 64 suara. Sedangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraup 26 suara.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik tak banyak berkomentar, soal unggahan salah input melalui aplikasi Sirekap di TPS 106 itu. Hanya saja, ia menyebut kondisi tersebut serupa dengan kejadian di luar kota.

“Kasusnya sama dengan yang di Lampung,” kata Idham kepada INDOPOS.CO.ID melalui gawai, Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Kejadian di Lampung tepatnya terjadi di TPS 006 Kelurahan Kota Dalam, Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Ada pengoreksian data penghitungan suara di Sirekap.

Dalam publikasi Sirekap pada tanggal 15 Februari 2024 sekira 18:30 WIB, menunjukkan perolehan suara Anies-Muhaimim Iskandar mendapat 3,5 juta. Setelah dikoreksi menjadi 35 suara.

Ia menekankan, mewujudkan Pemilu Serentak 2024 yang berintegritas dalam prinsip jujur dan akuntabel (Pasal 3 huruf b dan i UU Nomor 7 Tahun 2017 juncto Pasal 6 ayat (2) huruf a dan d Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017).

“KPU harus memastikan, data hasil perolehan suara peserta pemilu yang ada dalam aplikasi Sirekap dan yang ditampilkan untuk publik melalui website pemilu2024.kpu.go.id harus akurat,” ucap Idham.

Salah satu petugas TPS 106 mengaku heran dengan hasil penghitungan suara di aplikasi Sirekap. Sebab, data suara seluruh paslon belum diinput, namun sudah muncul di layar aplikasi itu.

“Margin error. Data belum kita input, belum kita laporkan data hasil. Data masih banyak di sini. Tapi sudah muncul angka margin yang dimenangkan paslon nomor urut 2 dengan angka sangat fantastis 713,” keluh salah satu petugas TPS dalam akun Instagram @dae**_** dilhat, Jumat (16/2/2024). (dan)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *