Hebat! Inilah Oleh-oleh dari Kejuaraan Wrestling South East Asian Championship 2023 Cambodia

INDOPOS.CO.ID – Pegulat Garuda Muda Indonesia yang bertarung di Kejuaraan Wrestling South East Asian Championship 2023 Cambodia, hanya membawa pulang 5 perak dan 11 perunggu.

Dibalik kurang puas torehan itu, hal membanggakan ditorehkan oleh Wasit Internasional asal Indonesia Herlambang Hasea Hotmaruli. Pria yang juga mantan atlet gulat nasional tersebut, dianugrahi oleh Presiden Gulat Asia Tenggara Mr Casey Banet sebagai Wasit Fairplay dan Rising Star.

“Wasit Gulat Internasional berasal dari Indonesia Herlambang, memiliki kemampuan tinggi dan bagus (High Quality) serta membuat pertandingan menjadi Fair selama Kejuaraan South East Asian Champions Cambodia 2023 berlangsung,” kata Mr Casey Banet dalam keterangannya kepada awak media setempat (Cambodia), akhir pekan lalu.

Bahkan, saat dihubungi, Herlambang yang juga dipercaya Federasi Gulat Dunia untuk memimpin Kejuaraan Haparanda Cup di Swedia akhir november lalu mengatakan selama pertandingan berupaya menjalankan tugas dengan baik.

“Saya menjalankan instruksi dan peraturan yang sudah diterapkan oleh Federasi Gulat Dunia (UWW) , sayapun merasa bangga dapat memimpin pertandingan tidak hanya menjadi wasit, namun perwakilan Federasi Gulat Dunia (UWW) yang hadir saat itu sebagai Technical Delegate Pertandingan. Mr Ashok Kumar, menunjuk saya sebagai Matchairman (Presiden Pertandingan / Matras),” terang Herlambang saat dihubungi Indopos.co.id lewat telepon genggamnya, Senin (11/12/2023).

Presiden Matras atau disebut Matchairman membawahi Wasit dan Juri memiliki tanggung jawab besar dalam sebuah pertandingan, dan menentukan.

“Bagi saya, pencapaian ini (Reward) tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi Indonesia, mengapa? disini kita bisa melihat bahwa Kualitas Wasit Gulat Indonesia tidak dipandang sebelah mata oleh negara lain. Dan kita tentunya dapat bersaing dengan wasit dunia lain,” sambungnya seraya menjelaskan masih dalam perjalanan (transit) pulang dari Kamboja menuju Jakarta.

Herlambang menambahkan ilmu perwasitan belajar dari sosok ayahnya (TMP SIHOMBING) yang juga merupakan mantan atlet gulat, pelatih pelatnas, beberapa kali memimpin pertandingan nasional dan internasional. Herlambang juga berharap banyak wasit-wasit gulat di Indonesia selanjutnya yang dapat memimpin di internasional.

“Saya juga berterimakasih atas perhatian penuh dari Pengurus Pusat Gulat Indonesia yang diketuai Bapak Trimedya Panjaitan SH MH. Ketua sangat peduli akan Gulat Indonesia dan memberikan kesempatan kepada regenerasi baik di atlet maupun perangkat wasit,” ungkap Herlambang seraya mengharapkan gulat Indonesia dapat mengirimkan atlet berlaga di babak kualifikasi Olympiade di Kyrgistan pada april 2024.

“Semoga saya sebagai wasit dapat dipanggil oleh federasi Gulat dunia, karena beberapa waktu lalu saya diberikan isyarat oleh federasi UWW untuk persiapkan diri memimpin di laga pra olimpiade tersebut,” tutupnya. (ney)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *