Di Bawah Kemenperin, ESDM Koordinasi Bersama Kemenko Marves Soal Smelter ITSS

INDOPOS.CO.ID – PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) berada di bawah kordinasi Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Pernyataan tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana kepada wartawan, Selasa (26/12/2023).

Untuk itu, pihaknya saat ini tengah melakukan koordinasi dengan Kemenko Marves dan Kementerian Perindustrian. “PT ITSS memegang ijin usaha industri (IUI) yang aturan keselamatan dan pengawasannya di bawah kewenangan Kemenperin.

Oleh sebab itu, lanjut dia, kewenangan terkait peristiwa tersebut bukan menjadi tanggung jawab ESDM. Kendati demikian, pihaknya turut prihatin atas musibah tersebut.

“Kami mendukung upaya penyelidikan yang sedang dilakukan Kemenko Marves di lapangan,” katanya.

“Segala proses pengawasan dan peningkatan keselamatan kerja di sektor Minerba menjadi perhatian khusus kementerian,” imbuhnya.

Sebelumnya, tungku smelter di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel atau PT ITSS meledak pada Minggu (24/13/2023). Insiden yang terjadi di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, itu mengakibatkan sejumlah korban meninggal dan luka-luka. (nas)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *