AS Undang Wang Yi usai Tiongkok Pecat Menlu Qin Gang

Washington: Amerika Serikat (AS) mengundang Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi untuk melakukan kunjungan resmi ke Washington. Undangan ini sebelumnya ditujukan untuk mantan Menlu Tiongkok Qin Gang.
 
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat Matthew Miller mengatakan, Washington menyampaikan undangan tersebut dalam pertemuan pejabat AS dan Tiongkok di ibukota negara itu 
 
“Namun, tanggal kunjungan tersebut belum ditetapkan,” kata Miiler, dilansir dari Washington Post, Rabu, 2 Agustus 2023. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu Wakil Menteri Urusan Asia dan Pasifik Daniel Kritenbrink bertemu dengan Direktur Jenderal Urusan Amerika Utara dan Oseania Kementerian Luar Negeri Tiongkok Yang Tao di Washington pada Selasa kemarin. 
 
Pertemuan pejabat tingkat tinggi antara Washington dan Beijing terjadi dalam beberapa minggu belakangan, ketika kedua negara melakukan langkah nyata menstabilkan hubungan bilateral. 
 
“Kami menyampaikan undangan yang sebelumnya dibuat untuk Menteri Luar Negeri Qin Gang dan memperjelas bahwa undangan telah dialihkan,” kata Miller. 
 
Qin dicopot dari jabatannya sebagai menteri luar negeri bulan lalu. Sebelumnya, ia sempat menghilang dari publik secara tidak biasa, dan memicu pertanyaan atas keberadaannya. 
 
Beijing mengatakan, dia tidak mampu dengan “alasan kesehatan’ tapi menyebutnya ‘berbahaya’ atas pencopotan Qin. 
 
Qin ditunjuk sebagai menteri luar negeri pada Desember, menggantikan Wang, yang ditunjuk sebagai Direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok. Posisi ini terus dipegang Wang. 
 
Dalam dua bulan terakhir, Menlu AS Antony Blinken, Menteri Keuangan Janet Yellen, dan utusan iklim John Kerry menjadi pejabat tinggi AS yang mengunjungi Beijing. 
 
Sesangkan Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo diperkirakan akan menuju Bejing pada akhir bulan ini.
 
Baca juga:  Qin Gang Dicopot usai 7 Bulan Menjabat Menlu Tiongkok
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(WIL)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *