12 Orang Hilang Akibat Banjir Bandang Terjang Humbang Hasundutan, Pencarian Masih Dilakukan

INDOPOS.CO.ID ⎼ Banjir bandang menerjang Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Jumat (1/12/2023) pukul 21.25 WIB.

Sebanyak 12 orang dilaporkan hilang dan mengalami luka berat akibat peristiwa tersebut.

Laporan yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), petaka itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Humbang Hasundutan dalam periode cukup lama.

Sehingga memicu terjadinya banjir bandang, yang membawa bongkahan batu berukuran besar dan puing berupa batang pohon serta ranting berikut air bah bercampur lumpur.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, tim BPBD setempat segera turun ke lapangan berkoordinasi dengan lintas instansi terkait, melakukan kaji cepat dan upaya pencarian serta pertolongan.

“BPBD Kabupaten Humbang Hasundutan juga berkoordinasi, dengan Badan SAR Nasional untuk percepatan operasi pencarian dan penyelamatan korban,” kata Abdul Muhar dalam keterangannya, Sabtu (2/12/2023).

Sebagai upaya penyelamatan warga terdampak, BPBD Kabupaten Humbang Hasundutan bekerja sama dengan Dinas Sosial setempat mendirikan tempat pengungsian sementara di Kantor Kecamatan Baktiraja.

“Kondisi saat ini di lapangan, tim gabungan masih terus berupaya melakukan pencarian dan pertolongan,” ujar Aam disapanya.

Selain menyebabkan orang hilang, bencana banjir bandang telah membuat bangunan rumah warga rusak berat. Serta sebagian warya terpaksa mengungsi ke tempat aman. (dan)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *